Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Membuat Judul dan Latar Belakang dalam Penelitian Ilmiah


Judul Penelitian


Judul penelitian merupakan  pencerminan dari tujuan penelitian . Oleh karena itu tujuan penelitian itu dirumuskan dari masalah penelitian, atau dengan kata lain, tujuan penelitian itu merupakan jawaban sementara dari pertanyaan-pertanyaan penelitian, maka judul penelitian juga mencerminkan masalah penelitian.
Ada para ahli berpendapat bahwa sebaiknya judul penelitian ditulis dengan selengkap mungkin sehingga dengan membaca judul dapat diketahui kehendak peneliti. Sebaliknya ada pendapat para ahli lain yang berpendapat bahwa judul penelitian sebaiknya sesingkat mungkin. Jika pembaca ingin tahu apa yang dimaksud lebih lanjut maka harus membaca penjelasan dibagian lain. Judul penelitian yang lengkap mengandung komponen :
·         Sifat dan jenis penelitian
·         Objek penelitian
·         Subjek penelitian
·         Tempat/lokasi/daerah penelitian
·         Tahun/waktu penelitian atau peristiwa

Contoh :
Studi komparasi antara metode induktif dan metode deduktif untuk menghafal rumus-rumus ilmu pasti pelajar SMA di daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2009.
Studi komparasi
Sifat dan jenis penelitian
Metode induktif dan metode deduktif untuk menghafal rumus-rumus ilmu pasti
Objek penelitian
Pelajar SMA
Subjek penelitian
Daerah Istimewa Yogyakarta
Tempat/lokasi/daerah penelitian
Tahun 2009
Tahun/waktu penelitian atau peristiwa

Apabila suatu penelitian berjudul ketidak senambungan imunisasi polio pada anak-anak Balita di wilayah kabupaten Bogor, maka hal ini mencerminkan bahwa masalah yang dihadapi oleh kabupaten Bogor pada saat itu adalah bahwa angka “drop out” atau ketidak sinambungan imunisasi sangat tinggi. Judul penelitian tersebut juga mencerminkan bahwa tujuan akan mencoba mengungkapkan  masalah-masalah (faktor-faktor) yang menyebabkan ketidak sinambungan imunisasi polio tersebut di kabupaten Bogor. Dengan kata lain, penelitian ini secara implisit akan mencari faktor-faktor yang berpengaruh atau hubungan dengan “drop out” atau ketidak sinambungan imunisasi polio pada anak Balita di kabupaten Bogor.

 

LATAR BELAKANG MASALAH


Identitas masalah penelitian merupakan langkah awal seorang peneliti yang harus dilaksanakan. Masalah kesehatan atau keperawatan terjadi apabila terdapat kesenjangan antara apa yang seharusnya ada (teori) dengan kenyataan yang dijumpai dilapangan dan memerlukan suatu pemecahan (Sastroamoro & Ismael, 1993). Dalam latar belakang masalah penelitian, akan diuraikan fakta-fakta, hasil-hasil penelitian orang lain, atau teori-teori yang melatarbelakangi masalah yang ingin diteliti. Dengan uraian tentang fakta-fakta dan teori-teori tersebut maka orang lain diyakinkan bahwa masalah yang akan diajukan tersebut cukup penting dan cukup justified, Dalam latar belakang harus jelas diuraikan mengapa masalah tersebut dipilih ? apa justifikasinya, mengapa penelitian itu diadakan di wilayah itu ?
Apabila judul penelitian seperti contoh  ketidak senambungan imunisasi polio pada anak-anak Balita di wilayah kabupaten Bogor, maka latar belakang harus diuraikan :
·         Peranan atau pentingnya imunisasi polio bagi anak Balita
·         Masalah polio di Indonesia dan program imunisasi polio di Indonesia
·         Masalah drop out atau ketidak senambungan imunisasi polio secara umum di Indonesia
·         Masalah drop out imunisasi polio di kabupeten Bogor

Dalam perumusan masalah pada karya tulis hal-hal berikut perlu diuraikan :
1)      Introduksi masalah penelitian, introduksi isinya apa yang anda permasalahkan, biasanya definisi-definisi dari apa yang tercantum dari tulisan anda
2)      Justifikasi/skala masalah berupa besarnya masalah dan pengaruh yang timbul terhadap kesehatan, waktu terjadi pada saat ini (apakah semakin meningkat);tempat kejadian, karakteristik masyarakat yang terkena.
3)      Kronologis masalah tentang bagaimana permasalahan bisa terjadi secara teoritis, berupa penyebab masalah dan dampak dari masalah
4)      Konsep solusi berupa berisi bagaimana kira-kira permasalahan diselesaikan baik yang sudah dan akan digunakan.

Secara sederhana latar belakang terdiri dari fakta, teori dan opini, yaitu
  1. Fakta berisi data-data pendukung permasalahan anda
  2. Teori berisi singkatan teori yang mendukung permasalahan anda
  3. Opini berisi tentang pendapat anda yang berisi komen terhadap fakta dan teori sebelumnya
Akan tetapi agar lebih komplit sebaiknya latar belakang diisi dengan Introduksi, Justifikasi, Kronologi Masalah dan Konsep Solusi, yaitu :
  1. Introduksi isinya apa yang anda permasalahkan, biasanya definisi-definisi dari apa yang tercantum dari tulisan anda
  2. Justifikasi isinya data-data yang mendukung permasalahan anda
  3. Kronologi masalah berisi tentang bagaimana permasalahan bisa terjadi secara teoritis.
  4. Konsep solusi berisi bagaimana kira-kira permasalahan diselesaikan

Contoh penelitian dengan judul :
Kejadian gangguan konsep diri pada klien pasca mastektomi.............secara umum (Nasional).................
di Samarinda (RSU. A.Wahab Sjahranie Samarinda).
·         Akibat dari gangguan konsep diri dan angka/insiden kejadian, waktu, tempat.
·         Penyebab gangguan.............
·         Konsep solusi  adalah.....................

Latar belakang permasalahan berisi uraian tentang apa yang menjadi masalah penelitian, alasan mengapa masalah itu penting dan perlu diteliti. Agar masalah yang akan diteliti tersebut cukup justified uraian latarbelakang tersebut harus didukung dengan data-data atau fakta-fakta empiris (pemikiran induktif) sehingga jelas, memang ada masalah yang perlu diteliti. Juga harus ditunjukkan letak masalah yang akan diteliti dalam konteks teori (pemikiran deduktif) dengan pemikiran yang lebih luas, serta peranan penelitian tersebut dalam pemecahan permasalahan yang lebih luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar