Sabtu, 10 Desember 2011

Cara Membuat Tujuan & Manfaat Penelitian


TUJUAN PENELITIAN
Bagian ini mengemukakan tujuan yang ingin dicapai melalui proses penelitian. Tujuan penelitian harus jelas dan tegas. Tujuan penelitian adalah suatu indikasi kerah mana, atau data (informasi) apa yang akan dicapai melalui penelitian itu. Tujuan penelitian dirumuskan  dalam bentuk pernyataan yang konkret dapat diamati (observable) dan dapat diukur (measurable). Misal :
a.  Memperoleh informasi (data) tentang jumlah pemeriksaan ibu-ibu hamil di kecamatan “X” selama kehamilan.
b.      Memperoleh informasi tentang hubungan antara frekuensi pemeriksaan kehamilan dengan BBLR

Tujuan penelitian dapat dibagi menjadi :
a. Tujuan umum
Tujuan umum merupakan tujuan penelitian secara keseluruhan yang ingin dicapai melalui penelitian.
b. Tujuan khusus
Tujuan khusus merupakan penjabaran atau pentahapan tujuan umum, sifatnya lebih operasional dan spesifik. Bila semua tujuan khusus tercapai, maka tujuan umum penelitian juga terpenuhi. Kata-kata operasional dalam tujuan khusus adalah : mengukur, mengidentifikasi, menganalisa, membandingkan, menilai, mengetahui, dll.

Contoh :
Tujuan umum :
Mengetahui hubungan antara kualitas fisik sarana air bersih yang digunakan dengan terjadinya diare di wilayah Kota Samarinda.

Tujuan Khusus :
a)      Mengetahui jenis sarana air bersih  yang digunakan oleh masyarakat kota Samarinda
b)      Mengetahui kondisi/kualitas fisik sarana air bersih yang digunakan oleh masyarakat Samarinda
c)      Mengetahui hubungan antara kualitas fisik sarana air bersih dengan kualitas air yang digunakan oleh masyarakat Samarinda.
d)      Mengetahui hubungan antara kualitas fisik sarana air bersih dengan kejadian diare masyarakat Samarinda

Apabila tujuan umum suatu penelitian  sudah spesifik maka tidak perlu diuraikan kedalam tujuan khusus, maka tidak perlu adanya tujuan umum dan tujuan khusus, cukup dibuat “tujuan penelitian” saja.

 

MANFAAT PENELITIAN

 Bagian ini berisikan uraian tentang temuan baru yang dihasilkan dan manfaat temuan penelitian tersebut bagi perkembangan ilmu pengetahuan yang dapat dimanfaatkan oleh ilmuan lain untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni (IPTEKS).

Contoh :
Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan masukan dalam rangka meningkatkan upaya-upaya pencegahan penyakit diare khususnya di wilayah kota Samarinda
Hasil penelitian ini dapat diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan kesehatan masyarakat khususnya dibidang sanitasi lingkungan.

6 komentar:

  1. Walaupun singkat tulisan mengenai tujuan khusus dan umum dari Daff'sya tetapi berguna untuk refresh pengertian dan contoh dari tujuan khusus dan umum tsb. thanks.

    Arie
    arclas24.com - blog inspirasi mengatur waktu

    BalasHapus
  2. Meski singkat tapi sangat berbobot, terima kasih

    BalasHapus
  3. Terima kasih sgt bermanfaat! Boleh tau ini rujukan dari mana?

    BalasHapus
  4. Terima kasi,....
    Atas batuan'x...

    BalasHapus