Sabtu, 10 Desember 2011

Menentukan Masalah Penelitian


RUMUSAN MASALAH PENELITIAN

Sebelum diuraikan bagaimana merumuskan masalah penelitian, terlebih dahulu akan dibahas apa yang dimaksud dengen masalah. Masalah adalah kesenjangan (gap)antara harapan dengan kenyataan, antara apa yang diinginkan atau dituju dengan apa yang terjadi atau faktanya.
Kembali pada contoh penelitian contoh  ketidak senambungan imunisasi polio pada anak-anak Balita di wilayah kabupaten Bogor, itu bersumber kepada masalah penelitian yang ada, yakni ksenjangan antara harapan (imunisasi polio pada anak balita akan berkesinambungan memperoleh imunisasi polio I, polio II dan III), tetapi kenyataannya yang terjadi tidak demikian (sebagian besar dari anak Balita hanya memperoleh imunisasi polio I saja).
Rumusan masalah adalah rumusan secara konkrit masalah yang ada, dalam bentuk pertanyaan penelitian yang dilandasi oleh pemikiran teoritis yang sebenarnya perlu dibuktikan. Rumusan masalah merupakan masalah-masalah yang memerlukan suatu penyelesaian. Merumuskan masalah penelitian ini dapat dilakukan dalam bentuk pernyataan (problem statement), dan juga dalam bentuk pertanyaan (research question).
Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa bila kita akan melakukan penelitian, pertanyaan yang pertama-tama harus dijawab adalah masalah apa yang layak untuk diteliti. Di bidang kesehatan, kedokteran, keperawatan banyak sekali masalah yan g memerlukan penelitian, tetapi yang mana yang layak dilakukan penelitian ? Untuk memilih masalah yang layak dan relevan diteliti, ada beberapa kriteria pemilihan masalah dalam penelitian, antara lain :
a.       Masih baru
Pengertian baru disini adalah masalah penelitian tersebut belum pernah diungkap atau dilakukan penelitian oleh orang lain. Dengan kata lain, maslah tersebut masih hanta-hangatnya di masyarakat. Hal ini penting agar tidak terjadi usaha yang sia-sia, karena sudah pernah dilakukan oleh orang lain. Disinilah perlunya banyak membaca literatur    atau hasil-hasil publikasi penelitian lain atau diskusi dengan pihak-pihak lain. Tanpa banyak membaca, kita tidak tahu apakah masalah penelitian kita sudah dijawab oleh peneliti lain atau belum.
b.      Aktual
Masalah penelitian yang aktual disini diartikan masalah tersebutbenar-benar terjadi atau berlangsung di dalam masyarakat. Masalah penelitian tidak boleh mengawang atau tidak berpijak pada kenyataan di masyarakat. Hal ini juga berarti bahwa masalah tersebut harus menjadi masalahnya masyarakat, bukan hanya masalah peneliti saja. Untuk memperoleh masalah yang aktual ini, penulis hartus banyak melakukan kunjungan lapangan, berdialog dengan masyarakat atau dengan ahli-ahli yang bersngkutan dengan bidang yang akan diteliti. 
c.       Praktis
Suatu penelitian untuk kepentingan apapun  dan jenis penelitian apa pun selalu memerlukan sumber daya, baik tenaga, pikiran, biaya, dan waktu. Untuk itu masalah penelitian tersebut  mempunyai nilai yang praktis; artinya, hasil penelitian harus menunjang kegiatan praktis. Masalah yang tidak mempunyai kepentingan praktis, tidak  layak untuk diangkat menjadi masalah penelitian, sebab hanya merupakan suatu pemborosan atau penghamburan sumber daya saja.
d.      Memadai
Masalah yang akan diangkat menjadi masalah penelitian harus dibatasi ruang lingkupnya, tidak terlalu luas dan tidak juga terlalu sempit. Mmasalah penelitian yang terlalu luas akan menghasilkan penelitian yang jelas dan juga akan memakan sumber daya yang besar. Sebaliknya masalah yang terlalu sempit akan menghasilkan sesuatu yang kurang berbobot. Oleh sebab itu masalah harus dibatasi, sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang tersedia meskipun tidak terlalu sempit. Dengan kata lain, masalah yang akan diangkat menjadi masalah penelitian tersebut harus memadai.
e.       Sesuai dengan kemampuan peneliti
Seseorang yang akan melakukan penelitian harus mempunyai kemampauan penelitian dan kemampuan di bidang yang akan ditelitinya. Apabila ia tidak memeliki kemampuan-kemampuan tersebut, sudah barang tentu hasil penelitiannya kurang dapat dipertanggungjawabkan baik dari segi ilmiah (akademis) maupun praktis. Seorang yang akan meneliti di bidang kesehatan, kedokteran atau keperawatan, dengan sendirinya harus menguasai pengetahuan tentang kesehatan, kedokteran atau keperawatan.
f.       Sesuai dengan kebijakan pemerintah
Masalah-masalah yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah, undang-undang pemerintah, ataupun adat istiadat  masyarakat, tidak dapat diangkat menjadi masalah penelitian. Sebab masalah-masalah ini disamping bertentangan dengan kebijaksanaan tersebut, juga dapat mengundang kekuatan sosial maupun politik yang dapat merintangi dan menghambat jalannya penelitian.
g.      Ada yang mendukung
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa penelitian apa pun memerlukan biaya dan biayanya dapat diperoleh dari instansi-instansi pendukung atau sponsor, baik swasta maupun pemerintah.. Agar penelitian tersebut dapat dibiayai oleh sponsor, maka masalah yang harus dipilih harus disesuaikan dengan masalah yang dirasakan oleh para sponsor tersebut.

Sebelum melakukan pemilihan masalah penelitian, pertanyaan-pertanyaan di bawah ini kiranya perlu dijawab agar dapat membantu kita dalam pemilihan masalah yang relevan, yaitu :

1.      Apakah masalah yang akan diteliti itu merupakan masalah yang sedang hangat di dalam masyarakat pada saat ini ?
2.      Apakah masalah tersebut benar-benar ada di dalam masyarakat, atau apakah aktual ?
3.      Sejauh mana masalah tersebut dirasakan ? apakah penduduk atau masyarakat merasakan masalah tersebut ?
4.      Apakah masalah tersebut mempengaruhi kelompok tertentu, misalnya ibu hamil, bayi, atau anak balita ?
5.      Apakah masalah tersebut berhubungan dengan masalah sosial, kesehatan atau ekonomi yang luas ?
6.      Apakah masalah tersebut berhubungan dengan aktivitas program yang sedang  berjalan ?
7.      Siapa lagi yang tertarik atau terlibat pada masalah tersebut ?

Menurut Sastroasmoro & Ismail (1995) syarat masalah riset keperawatan harus mengandung unsur-unsur  FINER

F         : Feasible
·         Tersedia subjek penelitian
·         Tersedia dana
·         Tersedia waktu, alat dan keahlian

I           : Interesting

·         Masalah hendaknya menarik untuk diteliti

 

N         : Novel – Tujuan riset

·         Membantah atau menkonfirmasi penemuan terdahulu
·         Melengkapi, mengembangkan hasil penelitian terdahulu
·         Menemukan sesuatu yang baru

E          : Ethical
Tidak bertentangan dengan etika, khususnya etika keperawatan

R         : Relevant
·         Bagi perkembangan IPTEK
·         Untuk peningkatan asuhan kesehatan/keperawatan & kebijakan kesehatan
·         Untuk dasar penelitian selanjutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar