Sabtu, 10 Desember 2011

Tinjauan Pustaka

Bagaimana menyusun tinjauan pustaka ?
Umumnya bagian ini selalu menjadi bagian yang paling diremehkan dalam sebuah penelitian tesis/skripsi padahal pada bagian ini sebenarnya adalah dasar-dasar logika terbentuknya sebuah permasalahan  yang  telah diakui secara luas.
Walaupun mungkin penelitian yang anda lakukan adalah sesuatu yang baru atau mungkin akan menjadi teori yang baru akan tetapi sebuah prinsip yang harus ditegakan bahwa ilmu pengetahuan berubah dengan evolusi tidak revolusi, apa artinya? pertanggungjawaban teori yang akan anda ungkapkan harus berkaitan dengan teori yang sudah ada?
Bagiamana jika apa yang akan anda ungkapkan adalah teori yang sama sekali baru ? Jika anda berada dalam lingkup ilmu apa saja dan teori yang anda ungkapkan adalah teoru yang sama sekali baru berarti yang harus pertanggungjawabkan adalah filosofi dari teori anda tersebut.
Untuk itu kajian yang anda lakukan adalah meta study dari teori anda tersebut, dan saya yakin apapun teori baru anda, kajian metanya pasti sudah ada termasuk jika anda mencoba merasionalisasi praktik perdukunan maka anda dapat melakukan kajian metafisiknya di bagian filsafat dan teorinya dapat anda temukan pada situs-situs universitas besar di luar negeri, menurut pengalaman yang paling banyak mengungkapkan adalah universitas barkley departemen filsafat, disana anda akan banyak menemui filsafat dari dasar-dasar keilmuan.
Jika anda hanya mengungkapkan, mengkaji atau mempraktekan teori anda cukup melakukan penelusuran pustaka di Internet dan baru anda cari fifik bukunya di Perpustakaan anda, jika yang anda cari seputar permasalahan kesehatan dalam blog saya ini sudah cukup untuk mengkover kebutuhan anda.
Terus bagaimana cara menyusun pustaka yang baik ?
Buat secara induktif dari global permasalahan anda kemudian mengerucut menuju permasalahan anda

1 komentar:

  1. Thanks Daff'sya atas tulisannya, kebetulan saya sedang menulis tesis dan kembali lagi ke Tinjauan Pustaka ...

    Salam,
    arclas24.com - blog tips mengatur waktu

    BalasHapus